HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Plt Walikota Tetapkan Kota Medan Berstatus Siaga Darurat Covid-19

Rapat Koordinasi dalam rangka upaya Pencegahan Dini dan Penularan serta Minimalisir Penyebaran Covid-19. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Kota Medan ditetapkan berstatus Siaga Darurat virus corona [Covid-19]. Status Siaga Darurat ini ditetapkan guna menyikapi merebaknya virus corona di beberapa wilayah di Indonesia.

Demikian disampaikan Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution ketika memimpin Rapat Koordinasi Dalam Rangka Upaya Pencegahan Dini dan Penularan Serta Minimalisir Penyebaran Covid-19 yang digelar di Kantor Walikota Medan, Senin (16/3/2020).

Penetapan status Siaga Darurat virus corona ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Forkopimda Medan dan seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan.

Dari hasil rapat tersebut, selain penetapan status Siaga Kota Medan, ada beberapa poin yang diputuskan untuk kemudian dilakukan secepatnya. Salah satunya yaitu pembentukan Gugus Tugas sesuai Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Virus Corona yang akan terbentuk dalam waktu 2 hari kedepan.

Pemko Medan, ungkap Akhyar, akan segera mengeluarkan surat edaran kepada seluruh stakeholder, termasuk perkantoran dan pelaku usaha untuk menyediakan hand sanitizer ataupun sarana cuci tangan dengan air mengalir [wastafel] dan sabun.

"Secepatnya akan kita buat surat edaran, mengingat penyebaran virus corona ini umumnya ditularkan melalui tangan apalagi dalam keadaan kotor. Kita juga akan siapkan sarana cuci tangan di public area,’’ ungkapnya.

Kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kota Medan, Akhyar menginstruksikan dan menekankan untuk selalu siap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan atau ready on call. “Dari saran yang kita terima, kita instruksikan Dinas Kesehatan untuk segera melakukan penyemprotan desinfektan di kantor-kantor khususnya di lingkungan Pemko Medan,” ungkapnya.

Kepada seluruh camat dan lurah, Akhyar minta untuk melakukan patroli, pemantauan dan monitoring warga di wilayah masing-masing.

Di samping itu, jelas Akhyar, lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara massif dengan berbagai cara dan metode agar masyarakat dapat mengetahui informasi terkait virus corona dengan jelas dan tepat, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Kami juga menekankan kepada seluruh pihak agar tidak melakukan penimbunan barang atau bahan apapun yang dibutuhkan masyarakat agar tidak menimbulkan gejolak sosial dan ekonomi di masyarakat. Jika kedapatan, kami [Pemko Medan] bersama pihak terkait akan memberikan tindakan tegas,” tegas Plt Walikota Medan Akhyar Nasution. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *