HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Gelar Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2021 Melalui Teleconference

Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman pada kegiatan Musrenbang RKPD Kota Medan tahun 2021. Foto (Humas Pemko Medan)


Redaksimedan : Pemerintah Kota Medan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan [Musrenbang] Rencana Kerja Pembangunan Daerah [RKPD] Kota Medan Tahun 2021.

Kegiatan yang bertemakan 'Mengoptimalkan Sumber Daya Guna Mewujudkan Kota Medan Menjadi Kota Masa Depan Yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis, Sejahtera dan Religius' itu dilakukan secara teleconference sehubungan dengan peningkatan status Kota Medan menjadi tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19.

Pelaksana Tugas [Plt] Walikota Medan Akhyar Nasution diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman membuka Musrenbang RKPD Kota Medan 2021 di Ruang Command Centre Kantor Walikota Medan, Selasa (14/4/2020).

Musrenbang RKPD Kota Medan 2021 yang dilakukan secara online ini diikuti seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah [OPD] di lingkungan Pemko Medan serta camat se-Kota Medan.

Sekda Kota Medan Wiriya berharap agar forum Musrenbang ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan out put seperti yang diinginkan. Di samping itu juga menjadi dorongan dan semangat bersama untuk memberikan sumbangan dan kontribusi lebih nyata lagi dalam pembangunan kota.

Sekda mengawali pembukaan dengan menyampaikan beberapa pencapaian visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah [RPJMD] Kota Medan tahun 2016-2021 sampai tahun 2019.

Kemudian pertumbuhan ekonomi Kota Medan selama 4 tahun terakhir mencapai 5,98 persen dan mampu tumbuh di atas rata-rata nasional.

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, laju inflasi menunjukkan angka 2,3 persen dengan rasio 0,35 persen atau dengan ketimpangan rendah.

Namun terkait dengan pandemi Covid-19, jelas Sekda, akan terjadi kontraksi yang jauh lebih rendah dari proyeksi sebelumnya  yang tumbuh di atas 3 persen.

Bahkan secara nasional lanjut Sekda, Presiden Jokowi juga telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran APBN 2020 untuk menangani wabah Covid-19.

"Pemko Medan juga akan melakukan hal yang sama yakni melakukan perubahan fokus dan alokasi APBD Kota Medan tahun 2020, guna melindungi sektor-sektor strategis dalam perekonomian kota dan penanganan Covid-19,”  kata Sekda.

Sekda, melalui forum Musrenbang ini dirumuskan kembali arah kebijakan dan strategi yang akan diterapkan dalam mempercepat penanganan dampak Covid-19 terhadap perekonomian.

"Cermati dan telaah kembali program maupun kegiatan yang akan kita laksanakan pada tahun depan, agar lebih difokuskan kepada pemulihan sektor-sektor ekonomi kota,” ungkapnya.

Semua tegas Sekda, harus memiliki sikap optimis bisa melewati krisis ini demi mewujudkan Medan sebagai kota masa depan yang berfungsi sebagai pusat jasa perdagangan, keuangan serta industri yang semakin maju dan berkembang.

"Kita harus bekerja keras bersama-sama dengan dukungan penuh pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Pusat. Di samping itu selalu membangun kebersamaan, satu semangat dan berpartisipasi dalam pembangunan kota,” harapnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *