HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Seluruh Warga Dianjurkan Kenakan Masker Penutup Mulut

Kepala Unit Mikrobiologi Klinik RSUP H Adam Malik, Rina Yunita. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Perkembangan penularan Covid-19 semakin tinggi, saat ini banyak masyarakat yang terpapar tapi tidak menunjukkan tanda-tanda sakit berat dan tidak menyadari dapat menularkan virus kepada orang lain, melalui droplet [percikan cairan tubuh, batuk, bersin ataupun nafas].

Karena itu, seluruh masyarakat dihimbau untuk mengenakan masker penutup mulut terutama kalau ke luar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Demikian diungkapkan Kepala Unit Mikrobiologi Klinik RSUP H Adam Malik, Rina Yunita di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Sumut, Senin (6/4/2020).

"Hingga saat ini WHO masih mengeluarkan statement bahwa penularan Covid-19 ini melalui droplet, yakni percikan cairan tubuh seperti bersin, batuk, juga keluaran nafas," ujar Rina.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi penularan Covid-19 ini memang sebaiknya masyarakat sudah menggunakan masker penutup mulut.

"Kalau dulu memang di awal himbauannya yang menggunakan masker ini bagi yang sakit, tapi karena kondisinya ada yang terpapar virus tapi hanya mengalami gejala ringan dan dia tidak menyadarinya, maka untuk saat ini seluruhnya sebaiknya gunakan masker penutup mulut dan tetap menjaga jarak 1-2 meter untuk memutus mata rantai penularannya kepada orang lain,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Dosen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran USU ini juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih agar terhindar dari pandemi Covid-19.

Pertama yang dapat dilakukan adalah senantiasa menerapkan cuci tangan. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *