HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Warga Sumut Bakal Terima Bansos Rp600 Ribu Per Bulan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan teleconference dengan Mensos RI Juliari P Batubara. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Warga Sumatera Utara [Sumut] bakal menerima bantuan sosial [Bansos] tunai dari Pemerintah Pusat sebesar Rp600 ribu per bulan. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi warga miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Demikian terungkap dalam teleconference [rapat jarak jauh] Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, bupati/walikota, Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota Sumut dan Aceh dengan Menteri Sosial [Mensos] Juliari P Batubara, Kamis malam (16/4/2020).

Pada teleconference yang dilakukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Mensos Juliari menjelaskan, Pemerintah melalui Kemensos akan menyalurkan bansos tunai sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan [April hingga Juni] per kepala keluarga pada warga Sumut. Sementara untuk Aceh akan memperoleh Rp275 ribu per bulan dengan hal yang sama.

Untuk data penerima sendiri, kata Mensos, Pemerintah Pusat menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi untuk menentukan siapa saja yang dianggap berhak menerima bansos tunai tersebut.

"Kami memberikan keleluasaan pada daerah siapa yang memang dianggap berhak sebagai penerima bansos tunai. Kami berikan fleksibilitas pada daerah untuk menentukan siapa yang menerima. Karena daerah lebih tahu dengan daerahnya masing-masing," katanya.

Sementara itu, dalam mekanisme pelaksanaan bansos tunai dari Kemensos RI, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial [DTKS] sebagai acuan sasaran penerima program bansos tunai disiapkan Pusdatin Kemensos RI.

Alokasi awal Keluarga Penerima Manfaat [KPM] bansos tunai per kabupaten/kota dilakukan oleh Kemensos RI.

Kemudian kabupaten/kota melakukan usulan calon KPM bansos tunai kepada Kemensos RI melalui persetujuan bupati/walikota dan diketahui gubernur melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generatin [SIKS-NG] dan KPM ini ditetapkan oleh Kemensos RI.

"Proses penyaluran bansos tunai dilakukan oleh PT POS dan HIMBARA dengan dukungan Pemda," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap, bansos tersebut dapat segara disalurkan kepada warga Sumut. Apalagi saat ini warga Sumut sangat membutuhkannya, terutama masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di daerah ini. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *