HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Evakuasi Mayat, Tim SAR Kenakan Alat Pelindung Diri

Petugas SAR Kota Medan mengenakan APD dalam proses evakuasi mayat dalam sumur. Foto (ist)

Redaksimedan 
: Tim SAR Medan mengevakuasi mayat Mr X yang ditemukan di dalan sumur di Gudang Pemeraman Tembakau milik PTPN II di Jalan Pertempuran, Pulo Brayan, Kecamatan Medan Barat, Rabu (13/5/2020).

Informasi penemuan mayat tersebut pertama diterima dari warga yang kemudian melaporkannya kepada kepala lingkungan setempat dan diteruskan kepada Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.

Mendapati laporan tersebut, Kepala Kantor SAR Medan melalui Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Medan, Zul Indra, langsung memerintahkan personil Rescuer untuk mempersiapkan peralatan, selanjutnya menuju lokasi guna mengevakuasi korban.

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, mengatakan, personil kita berangkatkan untuk melakukan evakuasi penemuan mayat Mr x di Pulo Brayan dengan dilengkapi peralatan khusus untuk ruang sempit.

"Personil menggunakan peralatan SCBA [Self Contained Breathing Apparatus], yaitu alat bantu pernapasan petugas rescue bilamana di dalam sumur ada zat beracun," kata Toto.

"Tidak butuh waktu lama, petugas rescue berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur pada kedalaman sekitar 5 meter dengan diameter sumur yang cukup sempit sekitar 60 centimeter. Jadi kita siasati, kita terjunkan Rescuer kita yang memiliki tubuh yang ringan untuk masuk ke dalam sumur" tambahnya.

Selain peralatan SCBA, kata Toto, petugas rescue juga dibekali dengan peralatan Mounteneering dan peralatan APD kesehatan [baju Hazmat, kacamata, sarung tangan, cairan steril dan sepatu boot] sesuai dengan protokol kesehatan.

Korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 15.15 Wib dan langsung diserahkan kepada pihak kepolisian selanjutnya dibawa ke rumah sakit. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *