HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemerintah Salurkan Paket Bantuan untuk Pelaku Pariwisata Terdampak Covid-19 di Sumut

Penyaluran paket bantuan kepada pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19 di Sumut. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyalurkan bantuan sebanyak 16.100 paket bahan pokok lauk siap saji [Balasa] kepada pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19 di Sumatera Utara.

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan pelaku pariwisata yang paling pertama terdampak karena adanya pandemi ini.

Pra pendistribusian bantuan ini secara simbolis diserahkan dan diawasi oleh Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan kepada Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip dan perwakilan asosiasi pariwisata di Sumut.

Penyerahan pra pendistribusian bantuan ini disaksikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua di Gedung Serba Guna, Politeknik Pariwisata Medan, Jalan Rumah Sakit Haji Medan, Senin (29/6/2020).

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan pariwisata di Sumut yakni ASITA, PHRI, HPI dan perusahaan desain kreatif.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua mengatakan secara resmi penyerahan dan pendistribusian bantuan ini akan dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Gubernur dan Kapolda Sumut pada Kamis 2 Juli 2020.

Dikatakan Ria, sebelumnya pihaknya telah lebih dulu melakukan pendataan terhadap pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19.

Pendataan ini sendiri berjalan selama 2-3 bulan. "Awalnya kita lakukan pendataan di masing-masing daerah. Bekerjasama dengan Kadis Pariwisata di 33 kabupaten/kota dan asosiasi pariwisata, kita melakukan pendataan sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata," ujar Ria.

"Setelah itu daerah mengirimkan data kepada kita untuk diverifikasi. Kemudian kita kirim ke pihak Kementerian. Lalu Kementerian kembali melakukan verifikasi data by name by adress. Jadi jelas siapa penerima bantuannya,” sambungnya.

Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan menyebutkan pihaknya bersama Kementerian Pariwisata memiliki kesamaan pandangan untuk mengatasi persoalan pelaku usaha yang terdampak Covid-19 di Indonesia.

Apalagi dari realisasi bantuan ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dinilainya memiliki kesungguhan niat untuk menyalurkan bantuan sesuai anggaran dan tepat sasaran. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *