HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Minta Masukan dari Forkopimda dalam Penyempurnaan Perwal Adaptasi Kebiasaan Baru

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution saat memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Medan. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Forum Koordinasi Pimpinan Daerah [Forkopimda] Kota Medan diharapkan dapat memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan Peraturan Walikota [Perwal] Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Covid-19.

"Semua saran dan masukan yang disampaikan akan kita tampung untuk finalisasi Perwal tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19," kata Plt Walikota Medan Akhyar Nasution pada Rapat Pembahasan Finalisasi Perancangan Perwal Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 dengan Forkopimda Kota Medan di Gedung Serba Guna PKK, Jalan Rotan Medan, Senin (22/6/2020).

Dijelaskan Akhyar, inti Perwal tentang  Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 yakni setiap masyarakat wajib menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat [PHBS] antara lain dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau pembersih tangan [hand sanitizer], physical distancing [jaga jarak] serta menggunakan masker saat melakukan aktifitas di luar rumah.

“Perwal tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 sebenarnya tidak sulit dan repot untuk dilaksanakan. Intinya, pakai masker, jangan berkerumun dan selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir maupun hand sanitizer," ujar Akhyar.

"Silahkan dilaksanakan dan diimplementasikan di masing-masing unit tempat kegiatan kita, baik itu unit kerja, tempat usaha maupun komunitas-komunitas," sambung Akhyar.

Khusus masker, kata Akhyar, kini harus menjadi kebiasaan baru dan telah menjadi life style di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Akhyar berharap masyarakat harus menggunakan masker di mana pun berada, terutama ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Sebab, masker sangat efektif dalam upaya mencegah orang yang mengenakannya tertular Covid-19 maupun menularkannya kepada orang lain.

"Jadi kenakanlah masker, sebab masker kini telah menjadi kebiasaan baru dan menjadi life style di tengah Pandemi Covid-19," ujarnya.

Menurut Akhyar Nasution tantangan ke depan sangat komplek dan cukup berat. Walaupun Kota Medan belum memasuki fase New Normal, ungkap Akhyar, tetapi masyarakatnya sudah menginginkan kehidupan normal meski masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Oleh karenanya Pemko Medan membuat Perwal tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19.

Selain itu terang Akhyar, tujuan dibentuknya Perwal ini juga guna percepatan penanganan Covid-19 di Kota Medan. Kemudian meningkatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam penerapan tatanan normal baru pada kondisi Pandemi Covid-19 secara terintegrasi dan efektif.

Serta meningkatkan koordinasi, harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan tentang tatanan normal baru pada kondisi Pandemi Covid-19 antara pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan masyarakat. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *