HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Rentan Infeksi Covid-19, Ibu Hamil Perlu Perhatian Ekstra

Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Sumatera Utara, Iman Helmi Effendi. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Ibu hamil masuk ke dalam kelompok rentan infeksi Covid-19, bersama dengan orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta/komplikasi.

Karena itu, untuk menghindari risiko kesehatan hingga kematian, baik pada ibu atau bayi perlu perhatian ekstra kepada ibu hamil.

Hal itu ditegaskan Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Sumatera Utara, Iman Helmi Effendi di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan [GTPP] Covid-19 Sumut, Kamis (9/7/2020).

"Hal ini dikarenakan saat hamil imunitas ibu mengalami penurunan sehingga mudah tertular atau terinfeksi," ujarnya.

"Selain itu, menurut WHO selama Covid-19 ada gangguan pelayanan kesehatan dan nutrisi esensial bagi ibu, bayi, anak-anak dan remaja sehingga berpotensi menyebabkan kesakitan dan kematian ibu, bayi dan anak. Dan sebenarnya itu bisa dihindarkan,” sambung Iman.

Agar terhindar dari infeksi Covid-19, menurut Iman, ada lima langkah yang harus diterapkan ibu hamil yaitu tetap di rumah, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak dengan orang lain, hindari kerumunan, tidak berjabat tangan dan memakai masker bila sakit atau di tempat umum.

"Selain itu ibu hamil juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Rajinlah membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh. Untuk menjaga imunitas tubuh ibu hamil harus memakan makanan bergizi dan seimbang, meminum tablet penambah darah dan tetap beraktivitas fisik ringan dengan senam hamil di rumah,” jelasnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *