HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Provinsi Sultra Tuan Rumah Peringatan HPN tahun 2020

Rapat Pleno PWI Pusat menetapkan tuan rumah peringatan HPN tahun 2022. Foto (ist)

Redaksimedan : Provinsi Sulawesi Tenggara [Sultra] tetap akan menjadi tuan rumah rangkaian peringatan Hari Pers Nasional [HPN]. Hanya saja, waktunya bergeser dari sebelumnya tahun 2021 menjadi tahun 2022.

Pergeseran waktu pelaksanaan HPN di Sultra itu telah diputuskan dalam Rapat Pleno Persatuan Wartawan Indonesia [PWI] Pusat dan telah disetujui pimpinan Pemprov Sultra, Rabu (5/8/2020).

Puncak peringatan HPN diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari.

"Provinsi Sulawesi Tenggara tetap menjadi tuan rumah HPN. Hanya saja, karena Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, maka HPN di Sulawesi Tenggara digeser menjadi tahun 2022," kata Ketua Umum PWI Atal S Depari.

Menurut Atal, peringatan HPN yang dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia dimaksudkan supaya  kegiatan setiap tahun ini bisa berkontribusi secara positif terhadap daerah yang menjadi tuan rumah.

"Kontribusi positif yang paling dirasakan adalah datangnya ribuan orang ke daerah tersebut, sehingga terjadi berputaran ekonomi rakyat yang luar biasa. Tetapi, dengan adanya Covid-19 ini, saya khawatir jika kegiatan ini tetap dilaksanakan di Sultra tujuan itu bisa jadi tidak akan tercapai,” ujar Atal.

Di samping itu, kata Atal, pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap segala aktivitas termasuk persiapan perayaan HPN 2021.

Aktivitas penerbangan, hingga kegiatan fisik maupun pertemuan langsung yang masih sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan bisa berbuat banyak di daerah tuan rumah.

Menurut Atal, ada beberapa daerah yang akan menjadi tuan rumah HPN 2021.

Tetapi, Atal belum menyebutkannya karena masih dalam pembahasan dan penjajakan kepada calon tuan rumah tersebut.

Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, mewakili gubernur dalam rapat tersebut didampingi Staf Ahli Gubernur, Kadis Kominfo, dan Kadis Pariwisata, mengapresiasi pengurus pusat PWI yang masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah HPN meski bergeser menjadi tahun 2022.

Menurutnya, Pemprov akan lebih siap lagi jika dua tahun masa persiapan untuk menyambut kegiatan nasional berskala besar itu.

"Kami sangat berterima kasih kepada PWI Pusat dan sangat bangga karena  masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah tahun 2022. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah dan menyambut para tamu se Indonesia dan negara sahabat di sini yang lebih baik," kata Nur Endang. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *