HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Kegiatan Usaha Boleh Dilaksanakan Asal Mematuhi Protokol Kesehatan

Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono saat menyampaikan konferensi pers di Posko GTPP Covid-19 Kota Medan. Foto (ist)


Redaksimedan : Salah satu sektor yang paling terdampak saat pandemi Covid-19 adalah sektor pariwisata.

Hal ini terlihat dari menurunnya tingkat okupansi hotel dan ditutupnya tempat hiburan serta anjloknya omset dari bisnis yang berkaitan dengan pariwisata.

Namun, dengan dikeluarkannya kebijakan presiden yang menekankan keseimbangan antara penanganan kesehatan dan kegiatan perekonomian membawa angin segar baru yang membuat pariwisata perlahan kembali bangkit.

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kota Medan juga mengeluarkan Perwal Nomor 27 tahun 2020 yang memberikan kesempatan kepada pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Medan untuk melaksanakan kegiatannya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Sejak tanggal 1 Juli 2020 seluruh kegiatan, terutama kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif boleh dilaksanakan, asal mematuhi syarat yaitu menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono saat menyampaikan konferensi pers di Posko GTPP Covid-19 Kota Medan di Jalan Rotan Medan, Rabu (11/11/2020).

Disampaikan Agus, meski semua belum seutuhnya normal, namun pihaknya mencatat ada peningkatan siqnifikan terhadap sektor kuliner di Kota Medan.

"Kalau kuliner sudah bangkit, malah sudah bisa jadi andalan. Tapi kalau hotel tingkat okupansi masih rendah. Untungnya beberapa waktu belakangan ini, banyak kegiatan dari kementerian yang digelar di Medan, sehingga membantu peningkatan hunian hotel," ujarnya.

Pelaku usaha yang membuka usaha tanpa mematuhi protokol kesehatan, kata Agus, pihaknya yang tergabung di Satgas Covid-19 Kota Medan masih terus melakukan pengawasan, sosialisasi dan imbauan agar para pelaku usaha disiplin menerapkan aturan yang ada.

Terkait strategi dari Pemko Medan untuk terus meningkatkan sektor pariwisata, Agus menjelaskan, pihaknya sejak awal telah merangkul pelaku ekonomi kreatif agar meningkatkan promosinya dengan berbasis digital. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *