HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumlah Penumpang Kereta Api Divre I Sumut Diprediksi Naik Pada Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru

 

Calon penumpang kereta api saat berada di ruang tunggu stasiun kereta api. Foto (ist)

Redaksimedan : PT Kereta Api Indonesia [KAI] Divre I Sumatera Utara memprediksi akan mengangkut 81.416 penumpang pada masa angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 [Nataru 2020/2021].

Angka ini, kata Manager Humas PT KAI DIvre I Sumut, Mahendro Trang Bawono, meningkat 18 persen jika dibanding dengan jumlah penumpang yang diangkut pada periode 6-25 November 2020 yang hanya 69.275 penumpang.

Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru sebut Mahendro, telah dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 6 Januari 2021 [selama 20 hari]. Puncak masa Angkutan Natal dan Tahun Baru diprediksi jatuh pada Kamis, 24 Desember 2020.

Pada masa Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini, ungkap Mahendro, PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan 7.306 tempat duduk setiap harinya dengan total 147.200 tempat duduk selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada masa angkutan Nataru, PT KAI akan mengalami peningkatan jumlah penumpang dibanding masa angkutan biasanya, hal ini dikarenakan sebagian masyarakat memilih berlibur akhir tahun menggunakan transportasi kereta api.

Meski berlangsung ditengah masa pandemi Covid-19, papar Mahendro, tentunya persiapan dan pelaksanaan layanan kepada penumpang tahun ini akan sangat berbeda dibanding angkutan Nataru tahun sebelumnya.

Di wilayah Divre I Sumatera Utara, sebutnya, telah dilakukan segala persiapan dari segi layanan di stasiun dan di atas kereta api sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kesiapan kehandalan sarana dan prasarana, keamanan serta antisipasi lainnya guna menciptakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, sehat dan selamat.

Pada masa angkutan Nataru ini, kata Mahendro, Divre I Sumatera Utara akan menjalankan 34 kereta api, terdiri dari 24 perjalanan Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Binjai [PP], 6 perjalanan Kereta Api Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai [PP], 2 perjalanan Kereta Api Siantar Ekspress relasi Medan-Siantar [PP], dan 2 perjalanan Kereta Api Sribilah relasi Medan-Rantau Prapat [PP]. Sedangkan untuk armada sarana lokomotif yang siap operasi sebanyak 29 lokomotif dan 91 kereta.

Masa Angkutan Nataru 2020/2021 ditengah masa pandemi, papar Mahendro, tentunya juga fokus pada bagian layanan kesehatan. Pada stasiun di wilayah Divre I Sumatera Utara tersedia pos kesehatan dengan peralatan medis memadai yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang ingin mendapat pelayanan kesehatan. Selain itu, disediakan juga ruang isolasi di area stasiun jika didapati pengguna kereta api yang memiliki gejala Covid-19.

Dan tentunya, antisipasi lainnya terhadap penyebaran Covid-19 konsisten dilakukan oleh PT KAI Divre I Sumatera Utara, seperti pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan dan selama perjalanan di atas kereta api.

Pengguna KA juga diwajibkan menggunakan masker saat memasuki area stasiun dan di atas kereta api dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang. Khusus untuk penumpang Kereta Api Putri Deli dan Kereta Api Sribilah, penumpang diwajibkan untuk memakai faceshield ketika berada di dalam kereta api. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *