HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Terima Audiensi IAKN Sumut, Gubernur Sampaikan Perubahan Nama dari Institut ke Universitas Harus Diikuti Peningkatan Kualitas

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima kunjungan IAKN Taput dan GAMKI Kabupten/Kota di Rumah Dinas Gubernur. Foto (Diskominfo Sumut) 

Redaksimedan : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima kunjungan Institut Agama Kristen Negeri [IAKN] Tapanuli Utara dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia [GAMKI] kabupaten/kota yang tergabung dalam Pemuda Gereja Denominasi se-Sumut.

Gubernur  menerima kunjungan IAKN Tapanuli Utara dan GMKI kabupaten dan kota itu di Rumah Dinas Gubernur SumateraUtara, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (25/3/2021).

Dalam pertemuan tersebut disampaikan beberapa hal, di antaranya terkait rencana menjadikan IAKN Tapanuli Utara menjadi universitas negeri. Dengan berbagai pertimbangan, bahwa kampus yang didirikan sejak 1986 itu bisa berganti nama seperti halnya IAIN menjadi Universitas Islam Negeri [UIN[ di berbagai tempat, termasuk di Sumatera Utara.

“Saya senang mendengarnya, karena intinya orang perlu ilmu, dan ilmu perlu wadah. Kemudian ilmu yang ada, bisa membuatnya memiliki budi pekerti dan menjaga akhlak,” ujar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Namun, menurut Edy Rahmayadi, perubahan nama dari institut menjadi universitas harus diikuti dengan peningkatan kualitas. Sebab seperti tenaga pendidik, juga perlu dievaluasi agar lebih baik. Karena baginya, semakin banyak universitas akan melahirkan banyak sarjana.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga merencanakan untuk berkunjung ke kampus IAKN di Tarutung, guna melihat bagaimana fasilitas yang dimiliki kampus, termasuk penunjang lain seperti taman belajar dan sebagainya. “Kapan saya bisa diantar ke sana [kampus IAKN]. Kita akan lihat ada apa dan apa yang bisa kita buat untuk pendidikannya,” sebut Edy Rahmayadi.

Untuk Pemuda Gereja Denominasi dan GAMKI yang juga hadir pada pertemuan itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berpesan agar bersama mengembalikan anak-anak muda ke rumah ibadah. Sebab tantangan generasi sekarang seperti narkoba dan penyakit sosial lainnya, harus diimbangi dengan mendekatkan diri kepada agama. “Jadikan Pemuda Gereja dan GAMKI ini sebagai wadah untuk pemuda mendekatkan diri ke gereja. Jangan digunakan untuk kepentingan politik,” ujarnya.

Rektor IAKN Prof Lince Sihombing menyambut baik rencana Gubernur Sumut yang ingin berkunjung ke kampusnya di Tarutung, Tapanuli Utara. Dijelaskan Lince bahwa kampus yang dipimpinnya sedang berproses transformasi menjadi UKN. Sehingga dalam perjalanannya mereka berharap arahan dan pesan dari pemimpin di Sumut.

Saat ini IAKN memiliki tiga fakultas yakni Ilmu Pendidikan Kristen, Teologi, serta Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen. Ditambah satu program pascasarjana. Dengan jumlah Program Studi S1 sebanyak 10 Prodi, Program Magister [S2] sebanyak tiga Prodi, serta Program Doktor [S3] sebanyak dua Prodi.

“Ini kesempatan pertama kami bertemu gubernur. Dalam rangka menyesuaikan visi misi Sumatera Utara Bermartabat dari segi pendidikan. Karena kami sadar, pendidikan tinggi memang harus bersinergi dengan pemerintah provinsi,” sebut Lince. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *