HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Sinergitas Pers dengan Pemerintah Harus Terus Dikembangkan

Tokoh pers Sumut GM Immanuel Panggabean bersama Pemred Harian Medan Pos Farianda Putra Sinik [baju hitam]. Foto (ist)

Redaksimedan
: Sinergitas antara pers dan pemerintah harus terus dikembangkan, termasuk berkonstribusi memberi sumbangsih pemikiran tanpa mengabaikan fungsi kritik.

"Disinilah makna sinergitas itu sebenarnya, dan organisasi profesi PWI harus mampu berperan membentuk karakteristik wartawan yang dibutuhkan atas nama profesionalisme,” ujar tokoh pers Sumatera Utara yang juga Pemimpin Redaksi Harian Sinar Indonesia Baru [SIB] GM Immanuel Panggabean dalam diskusi ringan dengan Pemimpin Redaksi Harian Medan Pos, Farianda Putra Sinik di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, peran pers bukan hanya sekedar menyampaikan informasi kepada publik, namun harus mampu dikembangkan lagi agar menjadi salah satu acuan bagi kesinambungan pembangunan bangsa, termasuk di Sumatera Utara.

"PWI sebagai organisasi profesi punya peran penting melakukan hal tersebut sekaligus membangun SDM wartawan yang mumpuni, khususnya dalam pemahaman regulasi aturan profesi maupun hal lainnya. Langkah ini harus dipersiapkan secara matang, karena tantangan pers kedepan semakin kompleks dan dinamis, terutama menghadapi era digitalisasi saat ini," tambahnya.

Dalam konteks inilah, Immanuel berharap agar PWI menjadi 'rumah besar' para wartawan dalam menggodok berbagai problematika bangsa, termasuk hal-hal yang dihadapi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.

"Kredibilitas dan profesionalitas harus jalan seiring agar kualitas SDM wartawan kedepan semakin baik. Ini tantangan kita dan siapapun yang akan memimpin PWI Sumatera Utara 5 tahun kedepan harus mampu melakukan perubahan dan terobosan-terobosan agar organisasi profesi tertua ini makin diperhitungkan eksistensinya," tambahnya sembari menyambut positif dan merespon keinginan Farianda Putra Sinik yang siap memimpin PWI Sumatera Utara.

Sebagai organisasi profesi, ujarnya, PWI harus mampu menjadi penyeimbang dan jembatan infomasi bagi pemerintah dan masyarakat.

"Anda [Farianda -red] harus mampu memainkan peran itu jika terpilih nanti, termasuk peningkatan kualitas SDM harus diarahkan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan regulasi aturan pers lainnya," tambahnya.

Dalam diskusi ringan yang diselingi canda tawa ini, Farianda menyatakan siap mengemban amanah yang disampaikan seniornya, Immanuel Panggabean.

"Siap bang. Insya Allah semua yang abangda sampaikan akan saya implementasikan jika diamanahkan memimpin PWI Sumut. Saya sepakat  menjadikan PWI sebagai ‘rumah besar’ kita dalam menegakkan profesionalisme pers," kata Farianda. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *