HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Walikota Medan Imbau Masyarakat Tidak Borong Tabung Oksigen

Walikota Medan Bobby Nasution saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Walikota Medan. Foto (Diskominfo Medan)


Redaksimedan
: Walikota Medan Bobby Nasution mengimbau kepada masyarakat agar tidak memborong tabung oksigen, sebab tindakan tersebut dapat menimbulkan gejolak yang dapat menyebabkan minimnya atau terjadinya kelangkaan ketersediaan tabung oksigen.

Dari pengecekan yang dilakukan, kata Bobby Nasution, ketersediaan tabung oksigen di seluruh rumah sakit di Kota Medan saat ini aman.

"Kita sudah mengecek ke seluruh rumah sakit di Kota Medan, ketersediaan tabung oksigen aman dan berbanding lurus dengan ketersediaan Bed Occupancy Rate [BOR]. Apabila BOR meningkat,  tentunya kebutuhan akan tabung oksigen juga akan meningkat. Namun saat ini stok tabung oksigen masih banyak di seluruh rumah sakit,” kata Bobby Nasution saat door stop dengan wartawan di Kantor Walikota Medan, Senin (5/7/2021).

Misalnya seperti di RSUD Dr Pirngadi, jelas Bobby Nasution, sebelum adanya Covid 19, stok tabung oksigen di rumah sakit milik Pemko Medan itu mencapai 100 tabung.

Begitu terjadi pandemi Covid-19, papar dia, stok tabung oksigen dinaikkan 100 persen hingga jumlahnya saat ini menjadi 200 tabung.

Dari 60 rumah sakit rujukan Covid 19 di Kota Medan, kata Bobby, stok tabung oksigen juga masih tersedia, begitu juga dengan ruangan isolasinya. "Selama ini belum pernah terjadi stok tabung oksigen habis, karenanya akan terus kita pantau,” tegasnya.

Bobby Nasution menjelaskan, ketersediaan tabung oksigen selaras dengan pertumbuhan BOR. Artinya jika BOR meningkat, tentunya ketersediaan tabung oksigen akan lebih banyak lagi.

Saat ini, paparnya, BOR di Kota Medan masih stabil. Dimana, jelasnya, ruang isolasi yang terpakai sampai saat ini sekitar 36 persen, sedangkan ruang ICU 46 persen, fatality rate [tingkat fatalitas] 3,6 persen dan positivity rate 27 persen. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *