HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Ketua DPRD Sumut Minta Pemda Jadikan Puskesmas Sentra Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Foto (ist)


Redaksimedan
: Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting meminta pemerintah daerah di kabupaten dan kota menjadikan Pusat Kesehatan Masyarakat [Puskesmas] sebagai sentra kegiatan vaksinasi Covid-19 di tingkat terbawah.

Hal tersebut menurut Baskami, karena puskesmas telah memiliki sarana dan prasarana yang mumpuni serta sumberdaya manusia untuk melakukan kegiatan vaksinasi.

Selain itu, kata Baskami Ginting, puskesmas juga mudah dijangkau masyarakat yang berada di daerah-daerah. 

“Menjelang pertemuan tatap muka dan naiknya aktivitas perekonomian, maka kita harus merampungkan dengan segera proses vaksinasi ini,” kata Baskami Ginting dalam rilis tertulisnya, Minggu (10/10/2021).

Baskami meminta, puskesmas dikembalikan sebagaimana fungsinya yaitu sentra kesehatan masyarakat terdekat di tingkat desa.

"Sehingga sudah selayaknya, puskesmas turut ambil peran dalam kegiatan vaksinasi ini. Untuk seluruh puskesmas maupun puskesmas pembantu,” jelasnya.

Menurut Baskami, seluruh lapisan masyarakat, juga TNI dan polri telah maksimal melakukan kegiatan vaksinasi. "Kita telah merasakan semua bergotong royong, termasuk ormas turut serta dalam mengadakan vaksinasi ini,” tambahnya.

Baskami mengingatkan, kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan dalam proses tatap muka, menuntut proses vaksinasi harus rampung.

“Saya juga meminta agar sekolah dan dinas pendidikan, mewajibkan seluruh guru dan peserta didik untuk divaksin. Juga kuota pada proses belajar mengajar, dilakukan secara bertahap, dari 30 persen hingga 40 persen,” ungkapnya.

Pemerintah daerah, kata Baskami wajib melakukan evaluasi setelah proses tatap muka dimulai. Hal itu guna menghindari munculnya gelombang ketiga, pasca dilakukan proses tatap muka.

Terkait perekonomian, menurut politisi PDI Perjuangan Sumut ini, mulai menggeliat di sektor masyarakat terbawah.

“Hal ini ditandai dengan melandainya angka penularan Covid di setiap daerah dan meningkatnya angka vaksinasi. Saya baru turun ke daerah di Tapanuli Utara dan Sidempuan. Aktivitas ekonomi masyarakat di sana, semakin membaik. Kedai-kedai kopi sudah berjualan, artinya masyarakat sudah mulai bergairah melakukan aktivitas ekonominya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Baskami juga mengimbau agar setiap individu tetap memperhatikan protokol kesehatan, sampai Covid-19 dinyatakan nihil oleh pemerintah.

“Jangan lepaskan masker, tetap patuhi protokol kesehatan walaupun angka Covid sudah menurun,” ujar Baskami Ginting. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *