HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Permainan Tradisional Memiliki Efek Positif Bagi Anak-anak

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Foto (ist)


Redaksimedan
: Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengimbau, Trisakti Bung Karno dapat diwujudkan dalam pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional.

Salah satu butir Trisakti Bung Karno yakni 'Berkepribadian dalam bidang kebudayaan'.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat menerima kunjungan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional [KPOTI], Kamis (4/11/2021).

Baskami menjelaskan, di era globalisasi ini, masyarakat harusnya tak melupakan permainan-permainan tradisional. Banyak dalam permainan tersebut, lanjutnya, memiliki makna yang mendalam.

"Permainan-permainan tradisional ini memberikan efek positif bagi anak-anak kita, terutama mengenai psikis, kognitif juga psikomotorik," katanya. 

Tak hanya itu, lanjut Baskami, dalam permainan rakyat juga olahraga tradisional, terdapat filosofi gotong royong, welas asih, kebersamaan, disiplin dan sportifitas. 

Baskami juga menjelaskan, pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional juga merupakan amanah UU Pemajuan Kebudayaan tahun 2017. 

"Di sinilah kita melihat bagaimana dahulu Bung Karno berpesan agar bangsa ini memiliki benteng kebudayaan nasional. Kita tidak anti terhadap budaya asing, namun kita harus senantiasa memiliki jati diri sebagai sebuah bangsa yang memiliki peradaban besar," tambahnya. 

Baskami berharap dengan dilantiknya KPOTI dan pembentukan pangkalan olahraga tradisional mampu memberi ruang kreativitas kepada masyarakat.

"Saya menyambut baik pelantikan KPOTI ini. Saya berharap KPOTI menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan wadah serta melestarikan kebudayaan," imbuhnya. 

Sementara itu, Penanggung Jawab Kepanitiaan Pelantikan KPOTI, Muhammad Asril mengatakan, pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam menjaga ketahanan budaya khususnya Sumatera Utara. 

Ia juga berharap permainan rakyat dan pelestarian olahraga tradisional dapat masuk ke dalam kurikulum belajar mengajar di sekolah. 

"Sehingga dampak yang dipaparkan oleh Bapak Ketua DPRD tadi dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara," pungkasnya. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *