HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

PT KAI Divre I Sumut Berikan Tiket Gratis kepada Veteran, Guru dan Tenaga Kesehatan

Kereta api. Foto (ist)


Redaksimedan
: PT KAI Divre I Sumatera Utara membagikan voucher tiket kereta api antar kota secara cuma-cuma kepada para veteran, guru dan tenaga kesehatan.

Voucher tiket kereta api antar kota itu dibagikan secara cuma-cuma dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

Demikian disampaikan Vice President PT KAI Divre I Sumatera Utara Yuskal Setiawan kepada wartawan di Medan, Senin (8/11/2021).

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan 467 voucher tiket kereta api antar kota yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan tanggal 8 sampai tanggal 30 November 2021.

Yuskal Setiawan mengatakan, program ini merupakan bentuk penghargaan PT KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa kemerdekaan maupun di masa pandemi ini.

Program ini, sebut dia, merupakan kelanjutan dari program serupa di tahun 2020 dimana karena antusiasme masyarakat yang tinggi, tahun ini PT KAI kembali menyelenggarakan program tersebut serta menambah veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia, para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa serta para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi,” ungkap Yuskal.

Adapun yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah

- Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia [LVRI]

- Guru pendidikan formal untuk anak usia dini sampai dengan tingkat menengah atas atau sederajat baik negeri maupun swasta dengan status PNS maupun honorer

- Tenaga kesehatan [bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulance] baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali dokter.

Voucher dapat diambil mulai tanggal 7 sampai dengan 29 November 2021 di loket atau Customer Service Stasiun Medan.

Voucher hanya berlaku untuk kereta api keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Saat pengambilan voucher, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas / surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah veteran, guru, dan tenaga kesehatan.

Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan kecuali untuk Veteran.

PT KAI sendiri menyediakan total 11.000 voucher untuk kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 sampai 30 November 2021 dengan menukarkan voucher tersebut.

Terdapat kereta api dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Tanjungkarang, Kertapati, Medan, dan kota-kota lainnya.

Jumlah voucher yang disediakan di tiap kereta api per tanggal terbatas. Tiket kereta api yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya.

Melalui program ini, PT KAI hanya menggratiskan tiket kereta api nya saja melalui voucher yang diberikan.

Adapun untuk biaya Rapid Test Antigen sebesar Rp45.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucher.

Yuskal menjelaskan, pelanggan kereta api jarak jauh tetap harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pemesanan tiket kereta api harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan [NIK] pada kolom nomor identitas. 

Selama menggunakan layanan KAI, pelanggan wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.

Pelanggan juga harus dalam kondisi sehat [tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam], dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

"Terima kasih kepada para veteran, guru, dan tenaga kesehatan, atas pengabdian serta jasa-jasanya selama ini. Voucher gratis ini kami berikan untuk anda sebagai penghormatan terbesar KAI kepada mereka yang sudah berjuang dengan sepenuh hati," tutup Yuskal. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *