HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Walikota Medan Apresiasi Rencana Pengoperasian Terminal Tipe A Amplas

Walikota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Sumut. Foto (Diskominfo Medan)


Redaksimedan
: Walikota Medan Bobby Nasution sangat mengapresiasi rencana pengoperasian Terminal Tipe A Amplas yang dijadwalkan tahun ini.

Diharapkannya, pengoperasian terminal tersebut dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi di seputaran Jalan Sisingamangaraja akibat banyaknya beroperasi pool-pool bus.

Apresiasi ini disampaikan Walikota Medan Bobby Nasution ketika menerima kunjungan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] Wilayah Sumut Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Batara di Kantor Walikota Medan, Selasa (1/3/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BPTD Wilayah Sumut, Batara mengungkapkan, pengoperasian Terminal Tipe A Amplas diupayakan sebelum November 2022.

"Yang menjadi perhatian utama jika bangunan fisik selesai dan Terminal Tipe A Amplas dioperasikan adalah penataan lalu lintas. Kami berharap seluruh bus harus menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal, tidak di pool-pool bus di sepanjang Jalan Sisingamangaraja. Kami minta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dapat menertibkannya,” kata Bobby Nasution.

Oleh karenanya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat harus serius melakukan penertiban, sehingga tidak ada lagi bus yang menaikkan dan menurunkan penumpang di pool-pool mereka.

"Seluruh bus harus menaikturunkan penumpang di Terminal Tipe A Amplas. Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan siap mendukungnya. Semoga dengan dioperasikannya Terminal Tipe A Amplas, mampu mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi,” harapnya.

Kepala BPTD Wilayah Sumut Batara melaporkan kepada Walikota Medan bahwa progres pembangunan fisik Terminal Tipe A Amplas sudah mencapai 70,11 persen.

Dikatakannya, proses pembangunan bisa cepat dilakukan karena material sudah ada di lapangan. Sesuai kontrak, pembangunan terminal yang sudah memasuki tahun ketiga ini akan berakhir November 2022.  

“Kita akan mengupayakan pembangunan secepatnya selesai sehingga sebelum berakhir kontrak, Terminal Tipe A Amplas sudah bisa dioperasikan. Dengan pengoperasian terminal, kita akan melakukan penataan untuk mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Sisingamangaraja. Kita minta kepada pengusaha bus agar naik turun penumpang dilakukan di terminal, tidak di pool-pool bus. Sebab, pool bus hanya tempat istirahat dan perbaikan saja,” ujar Batara.

Selain penataan lalu lintas, pengoperasian Terminal Tipe A Amplas juga akan mendorong peningkatan UMKM yang ada di sekitarnya sekaligus mendukung program Pemko Medan yang ingin membangkitkan kembali UMKM. Selain itu ada area di lantai satu dan dua yang disediakan untuk Pemko Medan untuk pelayanan publik.

“Kita akan mengusung konsep excellent terminal dalam memberikan pelayanan. Kita ingin mewujudkan pelayanan rasa bandara di Terminal Tipe A Amplas,” paparnya.

Bobby Nasution menyambut baik tawaran pemanfaatan area di lantai satu dan dua Terminal Tipe A Amplas.

Dikatakannya, area itu nantinya akan digunakan untuk pelayanan publik. “Kita akan lihat pelayanan publik apa yang tepat dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat di sekitar terminal,” ungkapnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *