HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Sumut Tawarkan Relokasi kepada Sekolah Terdampak Banjir di Mandailing Natal

Tinjau Sekolah Terdampak Banjir di Mandailing Natal. Foto (ist)


PANYABUNGAN : Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menawarkan dilakukannya relokasi ke tempat lebih aman kepada beberapa sekolah yang tedampak banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara.

Pasalnya, kata Edy Rahmayadi, ada banyak siswa yang belajar di sekolah-sekolah yang nyawanya selalu terancam akibat banjir.

"Bagaimana kalau direlokasi. Karena di sini banyak siswa calon generasi muda, yang selalu terancam nyawanya. Mereka adalah masa depan bangsa yang seharusnya dilindungi," kata Edy Rahmayadi saat mengunjungi SMAN 2 Plus, SMAN 3, SMPN 6 dan SLB di Panyabungan, Mandailing Natal, Selasa (13/11/2018), yang diterjang banjir pekan lalu.

Menurut Edy Rahmayadi, pembangunan benteng di sepanjang pinggir sungai bisa juga menjadi solusi alternatif lainnya untuk mengantisipasi banjir.

Namun, kalau pun gedung tersebut tidak direlokasi, kata Edy, akan tetapi tetap saja harus direnovasi, karena gedung sekolah yang ditempati sejak 2010 tersebut juga sudah tidak layak untuk tempat belajar.

"Jadi tolong nanti pak bupati hitung, kalau memang biaya pembangunan gedung dan benteng lebih besar dari relokasi, yang lebih baik kita relokasi saja,” ujar Edy.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau SMAN 2 Plus, SMAN 3, SMPN 6 dan SLB serta STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri).

Dalam peninjauan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menyerahkan tali asih kepada para siswa korban banjir, juga kepada keluarga korban meninggal akibat banjir dan longsor di Madina.

Usai meninjau sekolah di komplek STAIN, Edy Rahmayadi dan rombongan juga meninjau gedung sekolah SDN 127 di Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Madina, dimana gedung sekolah yang berada di atas tebing itu terancam rubuh, karena tebing yang berada dibawahnya longsor.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menawarkan untuk merelokasi beberapa ruang kelas dan membangun benteng tembok penahan di sisi tebing, agar sekolah tidak tergerus longsor. (RM)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *