HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

SDA Sumut Berpotensi Dikerjasamakan dengan Para Pelaku Usaha di Amerika Serikat dan Eropa.

Rakor Penyusunan Kertas Kerja Kawasan Amerika dan Eropa. Foto (istimewa)

MEDAN : Provinsi Sumatera Utara memiliki sumber daya alam [SDA] yang berlimpah, seperti tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, perikanan dan pariwisata.

Tentunya hal itu sangat berpotensi dikerjasamakan dengan para pelaku usaha di Amerika Serikat dan Eropa.

Demikian disampaikan Staf Ahli Gubernur Sumut, Elisa Marbun saat mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Kertas Kerja Kawasan Amerika dan Eropa di Medan, Selasa (5/3/2019).

"Potensi pertanian Provinsi Sumatera Utara diantaranya adalah sayuran, jeruk dan buah-buahan yang sebagian besar telah dipasarkan dengan baik dan sudah di ekspor keluar negeri maupun provinsi lainnya," kata Elisa.

Sedangkan untuk luas areal perkebunan di Sumut sejumlah 1.999.403 hektar atau 27,89 persen dari luas Provinsi Sumut, dengan total produksi sebesar lebih kurang 4.411.536,55 ton.

Diantaranya sawit, karet, kopi, kakao, tembakau, kelapa dan komoditi lainnya.

Begitu juga dengan produksi perikanan laut Selat Malaka, Samudera Hindia atau Pantai Barat. "Diharapkan ini bisa menjadi informasi konstruktif untuk bisa dikerjasamakan dengan pelaku-pelaku ekonomi kawasan Amerika dan Eropa," katanya.

Gubernur Sumatera Utara, kata Elisa, menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Kertas Kerja Kawasan Amerika dan Eropa yang digelar di daerah ini,  karena dapat mempromosikan potensi kerjasama ekonomi Sumut dengan negara-negara di kawasan Amerika dan Eropa.

"Pemilihan Provinsi Sumatera Utara sebagai fokus daerah penyusunan kertas kerja untuk kawasan Amerika dan Eropa ini diharapkan dapat membantu mempromosikan potensi kerjasama ekonomi dengan negara-negara di kawasan Amerika Eropa,” ujarnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *