HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Dekranasda Jawa Barat Puji Kain Tenun Sumut

Wakil Ketua Dekranasda Jawa Barat Berkunjungan ke Kantor Dekranasda Sumut. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN : Dewan Kerajinan Nasional Daerah [Dekranasda] Provinsi Jawa Barat mengapresiasi dan memuji keistimewaan kain tenun dari Sumatera Utara, terutama keunikan, warna dan keindahan kain tersebut.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Lina Ruzhanul Ulum ketika melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Dekranasda Sumut, di Jalan Sultan Iskandar Muda Medan, Rabu (3/7/2019).

Kedatangan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat dan rombongan disambut Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

"Di Jawa Barat jarang ada kain tenun, tidak sebanyak yang ada di Sumut, kain tenun dari Sumut lebih spesifik, lebih berwarna, lebih keren dan luar biasa. Setiap daerah itu pun punya corak yang berbeda-beda,"  ujar Lina Ruzhanul Ulum.

Lina pun mengetahui beberapa jenis kain tenun khas yang berasal dari Sumatera Utara, salah satunya kain Ulos.

"Sepertinya seluruh Indonesia lebih mengenal Sumut dengan kain Ulosnya. Walau di Sumut tak hanya ada kain ulos, ada juga kain-kain khas Melayunya yang luar biasa, saya sangat tertarik dan juga sudah beli," terang Lina.

Kunjungan Dekranasda Jawa Barat kali ini adalah bersifat silahturahmi. "Kita mencari apa saja yang bisa dikolaborasikan antara Dekranasda Sumatera Utara dengan Dekranasda Jawa Barat, mungkin [pertemuan] tahap selanjutnya akan kita bahas apa yang bisa dibuat kerja sama, sebab sepengelihatan saya ada beberapa hal menarik, untuk itu setelah saya pulang dan melaporkan pada Ibu Ketua Dekranasda Jawa Barat,  insya Allah setelah itu akan ada tindak lanjut apa yang harus kita lakukan," ungkap Lina.

Menjawab keinginan melakukan kolaborasi tersebut, Wakil Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari menyambut hal itu dengan penuh antusias.

"Saya senang sekali sudah dikunjungi oleh ibu-ibu ini, semoga kedepannya kita bisa sama-sama membangun Dekranasda kita ini," ujar Sri Ayu Mihari.

Sri Mihari Ayu pun menunjukan satu demi satu produk unggulan UKM binaan Dekranasda Sumut. "Ini Batik dan Songket terbaik dari perajin, dan sudah dipasarkan ke beberapa daerah," ujarnya, sembari menujukan kain songket. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *