HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

LPPM USU Gelar Pelatihan Keterampilan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kampung Kubur

LPPM USU Memberikan Pelatihan Keterampilan Pengelolaan Kewirausahaan kepada Masyarakat. Foto (istimewa)

MEDAN : Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara [LPPM USU] menggelar pelatihan pengelolaan wirausaha bagi masyarakat kawasan Kampung Kubur, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar di Kantor Camat Medan Petisah pada Rabu, 1 Agustus 2019 yang difokuskan pada pelatihan pembuatan hidroponik, pembuatan kue, pelatihan pembuatan sablon, pangkas, hingga pengelolaan barang bekas dengan menghadirkan para pakar dalam bidangnya masing-masing.

Dipilihnya kawasan Kampung Kubur ini sebagai lokasi pelatihan kewirausahaan untuk menghilangkan stigma negatif terhadap kawasan tersebut, karena kawasan ini memiliki potensi ekonomi kerakyatan, sama halnya dengan wilayah lainnya yang ada di Kota Medan.

Pemberian Pelatihan Keterampilan oleh LPPM USU. Foto (istimewa)

Muhammad Arifin Nasution, MSP selaku ketua dalam kegiatan pengabdian ini menyampaikan, FISIP USU sebagai pelaksana kegiatan dari LPPM USU siap untuk melakukan pendampingan sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Arifin berharap melalui kegiatan-kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, kawasan Kampung Kubur dapat berubah menjadi kawasan Kampung Sejahtera yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Kubur sekaligus mengurangi stigma negatif yang selama ini berkembang di masyarakat.

"Setelah mendapatkan pelatihan, keesokan harinya para warga mendapatkan bantuan berupa cermin pangkas, mesin ketam, alat hidroponik, stelling, alat sablon hingga bibit buah-buahan yang dapat menghasilkan seperti alpukat dan mangga," kata Arifin seraya menambahkan kegiatan pelatihan juga dihadiri Anggota Pengabdian Masyarakat, Dr Nurman Achmad.

Pemberian Bantuan kepada masyarakat. Foto (istimewa)
Kiki Ilham, salah seorang penerima bantuan menyampaikan, diharapkan melalui kegiatan ini lingkungan Kampung Kubur menjadi lebih baik.

Kepala Lingkungan 1 Kelurahan Petisah Tengah, Halim Madona, SE, turut mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Sementara itu, Camat Medan Petisah, Agha Novrian, MSP menyampaikan, sangatlah penting untuk mengajak keterlibatan seluruh pemangku kepentingan, khususnya perguruan tinggi dalam membangun kawasan Kampung Kubur. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *