HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Presiden Jokowi Akan Hadiri 12 Pertemuan Selama di Korsel

Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan media briefing di Busan, Korsel. Foto (Setkab.go.id)

Redaksimedan.com : Presiden Joko Widodo [Jokowi] yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel), bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dijadwalkan akan menghadiri 12 pertemuan pada hari Senin-Selasa, 25-26 November 2019.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ke Gamcheon Culture Village, Busan, kepada wartawan mengatakan, kunjungan kerja Presiden ke Korsel ditujukan untuk dua hal.

"Yang pertama, adalah dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-RoK. KTT ini merupakan KTT untuk memperingati 30 tahun hubungan ASEAN dengan RoK. Jadi, ini adalah Commemorative Summit antara ASEAN dan RoK [Republic of Korea]. Dan kemudian yang kedua, tentunya akan ada acara bilateral antara Bapak Presiden dengan Presiden Moon Jae-in yang akan dilakukan esok hari,” kata Menlu di Lotte Hotel, Busan, Korsel, Minggu (24/11/2019) seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Lebih rinci Menlu Retno Marsudi menjelaskan, dari 12 pertemuan yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi selama di Korsel, 6 pertemuan dilakukan pada Senin 25 November 2019 dan 6 pertemuan lagi dilakukan pada hari Selasa 26 November 2019.

Dari segi jadwal, menurut Menlu, untuk program di hari pertama besok yang akan dilakukan oleh Presiden adalah: yang pertama, pertemuan dengan para ilmuwan dan peneliti Indonesia.

Yang kedua, Presiden akan melakukan peninjauan inovasi, pameran inovasi pelayanan publik dimana Indonesia berpartisipasi di dalam pameran tersebut dan Indonesia di dalam booth Indonesia menampilkan dua hal yaitu SP4N LAPOR dan juga e-CITAL.

Kemudian yang ketiga, Presiden akan hadir di dalam ASEAN-RoK CEO Summit dimana Presiden akan menjadi salah satu pembicara atau sebenarnya Keynote Speaker  untuk sesi yang pertama.

Kemudian, lanjut Menlu, setelah itu Presiden akan melakukan Working Luncheon dengan beberapa CEO terpilih dari Korea Selatan. Kemudian selanjutnya acara Presiden adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Moon Jae-in yang akan diikuti dengan menyaksikan penandatanganan kesepakatan.

"Ada 3 kesepakatan yang akan ditandatangani di depan kedua Presiden. Yang pertama, adalah mengenai selesainya negosiasi konferensi ekonomi partnership antara Indonesia dengan RoK. Yang kedua, adalah bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas. Dan yang ketiga, adalah MoU mengenai Technical Cooperation on the Construction of the  Relocated Capital and Development,” terang Menlu.

Adapun acara Presiden Jokowi besok yang akan disertai Ibu Negara pada malam harinya yaitu Welcoming Dinner untuk acara KTT itu sendiri.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *