HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Museum Negeri Sumut Akan Direnovasi Ikuti Perkembangan Zaman

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat meninjau Museum Negeri Sumut di Jalan HM Joni Medan. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara pada tahun ini akan merenovasi dan membenahi Museum Negeri Sumut yang berada di Jalan HM Joni Medan.

"Sesuai dengan visi dan misi Bapak Gubernur, untuk melakukan peningkatan jumlah wisatawan yang datang dan juga mengedukasi sejarah kepada anak-anak kita yang ada di Sumut. Mudah-mudahan dengan adanya renovasi ini, museum negeri bisa menjadi magnet wisata di Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat melakukan peninjauan ke Museum Negeri Sumut di Jalan HM Joni Medan, pada Rabu (5/2/2020).

Sejak diresmikan pertama kali tahun 1982, museum yang kini menyimpan sekitar 7.000 koleksi ini belum pernah direnovasi secara total. Padahal, museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 m² tersebut diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman, sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

"Setelah kita lihat perkembangan museum-museum yang ada saat ini ternyata sudah banyak museum yang memasukkan konsep digital di dalamnya. Kondisi seperti ini lah yang sesuai dengan keinginan anak-anak kita yang serba digital. Mereka tidak akan tertarik untuk datang ke sini [museum], karena masih menggunakan pola lama. Atas dasar itulah kenapa kita ingin merenovasi total Museum Negeri Sumatera Utara ini," ujar Musa Rajekshah.

Dijelaskan Musa Rajekshah, renovasi dilakukan agar fasilitas Museum Negeri Sumut mengikuti perkembangan zaman saat ini. Tujuannya agar edukasi tentang sejarah bisa sampai ke anak-anak, terutama anak anak yang sedang sekolah.

Juga agar para pengunjung dari luar Sumut hingga mancanegara semakin banyak yang berminat untuk datang ke museum ini.

“Kalau kita tidak ikuti perkembangan zaman, tidak akan ada yang mau datang ke museum. Dan museum ini pun tidak akan bisa menjadi pusat edukasi. Tidak bisa juga menjadi pusat sejarah dan budaya di Sumut. Paling tidak orang datang ke sini bisa mengetahui apa itu Sumut," ujar Musa. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *