HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Cegah Covid-19, Masyarakat Diimbau Untuk Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut H Syahrul Ependi Siregar. Foto (ist)

Redaksimedan 
: Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut mengimbau masyarakat Sumatera Utara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah salah satunya dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

Demikian disampaikan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, H Syahrul Ependi Siregar dalam keterangannya di Medan, Jumat (15/5/2020).

Menurut Syahrul, berdasarkan Permen Kesehatan Nomor 9 tahun 2020 yang salah satu point nya mengatur tentang penerapan jaga jarak atau physical distancing, seharusnya masyarakat memperhatikan betul jarak aman agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Saya melihat masyarakat Sumut masih kurang peduli terhadap sebaran Covid-19 walaupun Pemerintah Sumatera Utara telah membuat edaran baik berbentuk lisan maupun tulisan, agar masyarakat waspada dalam upaya pencegahan serta penanggulangan Covid-19, terutama di tempat-tempat keramaian seperti hiburan malam, pasar tradisional, hotel, restoran, tempat wisata dan taman hiburan," ujar Syahrul.

Dari pantauan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, ungkap Syahrul, saat ini hanya beberapa instansi perusahaan yang mengindahkan imbauan tersebut.

Dan tentunya kondisi ini sangat memprihatinkan, kata Syahrul, apalagi saat ini masyarakat akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dan masyarakat masih mengabaikan imbauan pemerintah pusat dan imbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang mengakibatkan bulan Mei 2020 Sumatera Utara mengalami peningkatan pasien positif Covid-19.

Saat ini ungkap Syahrul, pemerintah daerah sudah melakukan usaha maksimal dalam upaya menanggulangi Covid-19, dimana Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah melakukan upaya diantaranya penyediaan Alat Pelindung Diri, perbaikan fasilitas rumah sakit rujukan, memperbanyak rumah sakit rujukan, bantuan terhadap dokter dan tenaga medis.

Sebaiknya, kata Syahrul Siregar, masyarakat harus juga membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

"Kita harus ketahui bersama bahwa penanggulangan penyebaran Covid-19 harus dilakukan bersama-sama semua stake holder, baik elemen masyarakat maupun pemerintah, dan kita tidak boleh membiarkan pemerintah bekerja sendirian dalam menanggulangi Covid-19," ujarnya. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *