HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Plt Walikota Medan Minta Masukan dari UMSU untuk Atasi Persoalan Akibat Covid-19

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution meminta masukan dari UMSU untuk mengatasi kompleksitas persoalan yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Pemerintah Kota Medan terus mencari masukan dari para akademisi untuk mengatasi kompleksitas persoalan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 di Kota Medan.

Salah satu perguruan tinggi yang dikunjungi Plt Walikota Medan Akhyar Nasution pada Selasa (23/6/2020) adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara [UMSU] yang berada di Jalan Mukhtar Basri Medan.

Semua masukan yang diterima nantinya akan dijadikan sebagai langkah dan strategi untuk mengatasi Covid-19, sekaligus mendongkrak kembali daya beli masyarakat yang terus menurun sejak pandemi Covid-19.

Selain itu, masukan yang diterima dari Civitas Akademika UMSU, juga akan dijadikan Pemko Medan untuk melengkapi Peraturan Walikota Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Pandemi Covid-19.

Direncanakan, Perwal itu akan rampung sebelum 1 Juli 2020, sehingga dapat menjadi pedoman bagi masyarakat untuk menjalani kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Dijelaskan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, kondisi saat ini membuat perekonomian terganggu, sehingga melemahkan daya beli masyarakat.

Kondisi itu yang menyebabkan dunia usaha di Kota Medan ikut terganggu, tidak sedikit yang menghentikan usahanya karena jumlah pembeli drastis menurun. Termasuk, perhotelan dan restoran yang harus menghentikan usahanya.

"Jika mereka buka, pengunjung yang datang sedikit, sehingga tidak bisa menutupi operational cost [biaya] yang telah dikeluarkan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Akhyar, pandemi Covid-19 juga berimbas kepada dunia pendidikan, dimana dunia pendidikan di Kota Medan juga terganggu.

Hingga kini Pemko Medan belum mengaktifikan kembali proses belajar mengajar di tingkat PAUD, TK , SD dan SMP  yang merupakan wewenang Pemko Medan.

Sebab, Pemko Medan sampai kini belum memiliki metoda yang tepat dan baik sehingga peserta didik dapat belajar seperti biasa di sekolah meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Atas dasar inilah, kami mohon masukan dari Civitas Akademika UMSU. Pemko Medan tidak dapat mengatasinya sendiri, perlu bantuan semua pihak, terutama para akademisi sehingga kami dapat membuat konsep dan strategi yang akan dilakukan guna mengatasi kompleksitas persoalan yang terjadi akibat pandemic Covid-19,” harapnya.

Kedatangan Akhyar diterima Wakil Rektor 1 UMSU Dr Muhammad Arifin MHum, Wakil Rektor 2 Dr Akrim MPd, Wakil Rektor 3 Dr Rudianto MSi, Sekretaris Universitas Gunawan SPdI MTH dan lainnya.

Mewakili Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Plt Walikota beserta sleuruh jajaran Pemko Medan yang selama ini telah bekerja keras untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Disampaikan Gunawan, seluruh Civitas UMSU siap dan bersedia memberikan masukan dan saran kepada Pemerintah Kota Medan guna mengatasi Covid-19, termasuk mendukung penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, sehingga masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

"Kami memiliki pakar-pakar yang handal, baik di bidang ekonomi maupun pendidikan. Selanjutnya, kami nanti akan membentuk tim untuk menghasilkan masukan yang  akan dilakukan Pemko Medan untuk mengatasi Covid-19, termasuk meningkatkan kembali daya beli masyarakat serta konsep yang dapat diterapkan dalam pendidikan. Seluruh masukan yang diperoleh akan kami sampaikan langsung kepada Pemko Medan,” jelas Gunawan. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *