HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

TP PKK Medan Terus Sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

TP PKK Kota Medan Sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Foto (Humas Pemko)


Redaksimedan : TP PKK Kota Medan terus melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Lingkungan Bersih dan Sehat.

Sosialisasi tersebut dilakukan TP PKK Kota Medan di Kecamatan Medan Selayang, Senin (9/11/2020) yang dipimpin langsung Pjs Ketua TP PKK Kota Medan, Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho.

Sosialisasi yang berpusat di Kantor Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Jalan Mawar, Kecamatan Medan Selayang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kader PKK kelurahan khususnya yang berada di kelompok Dasawisma dan posyandu untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta nantinya menjadi agen perubahan bagi masyarakat di wilayahnya masing-masing.  

Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ismiralda Wiriya Alrahman dalam sambutannya mengatakan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat [PHBS] merupakan sekumpulan perilaku yang dilakukan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

"PHBS mencakup berbagai perilaku dengan 10 indikator yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI Eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah," ucap Dian.

Dian juga mengatakan, hidup sehat ini hanya dapat dicapai dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam gaya hidup sehari-hari.

Oleh karena itulah, kata Dian, perlu adanya pembinaan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada semua anggota keluarga agar mereka mau dan mampu atas kesadaran sendiri melaksanakan perilaku hidup sehat dan bersih.

"Karena itulah PKK sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyuluh harus bisa menyampaikan program-program pembangunan khususnya program pembangunan kesehatan kepada masyarakat," kata Dian. (RMC)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *