HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Kepling dan P3SU Yang Daerahnya Tidak Banjir Agar Bantu Korban Banjir

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution memimpin rapat penanggulangan dampak banjir di Kota Medan. Foto (Humas Pemko)


Redaksimedan : Seluruh kepala lingkungan [kepling] dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum [P3SU] yang kecamatannya tidak terdampak banjir agar turun dan membantu kecamatan yang daerahnya yang terkena banjir.

Sehingga penanganan dari dampak banjir dapat segera diselesaikan secepatnya dan kepada OPD terkait juga diminta masing-masing menurunkan personilnya dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Demikian arahan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution dalam Rapat Penanggulangan Dampak Banjir di Kota Medan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Walikota Medan Jalan Jenderal Sudirman Medan, Minggu (6/12/2020).

"Ada daerah yang dampaknya sangat berat, jadi dibantu oleh kepling dan P3SU yang tidak terdampak agar mempercepat penanganan dampak ini dan untuk mengantisipasi potensi karena cuaca sangat ekstrim," ujar Akhyar didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Renward Parapat.

"Untuk pembagian tugas, akan dikoordinasikan melalui Bagian Tata Pemerintahan [Tapem]. Mulai besok pagi dikerahkan kepling dan P3SU ini agar membantu wilayah yang terdampak,” kata Akhyar.

Selain mengerahkan kepling dan P3SU kecamatan, kata Akhyar, Pemko Medan juga akan mengerahkan OPD terkait untuk membantu masyarakat.

Misalnya, sebut Akhyar, Dinas Kesehatan Kota Medan agar menginstruksikan klinik-klinik yang ada untuk dapat memantau kesehatan para korban banjir. 

“Penanganan dampak seperti lumpur dan yang lainnya, gotong royong semua pihak baik aparatur Pemko Medan, TNI/Polri dan elemen masyarakat lainnya sangat membantu, mungkin dalam satu atau dua hari ini dampak itu dapat segera diselesaikan," ujarnya.

"Kemudian potensi penyakit pasca banjir juga diantisipasi dan seluruh jajaran kesehatan puskesmas ikut membantu, sudah menyiapkan mobil klinik bergeraknya, sehingga masyarakat yang perlu bantuan kesehatan nanti dapat segera diatasi. Semua ini kita lakukan untuk membantu masyarakat dalam mengurangi beban mereka,” sambung Akhyar.

Pada kesempatan itu, Akhyar juga mengingatkan para camat agar selalu waspada dan siap siaga jika kembali terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

“Saya minta kepada seluruh camat agar selalu stand by dan dirikan posko di kantor camat masing-masing untuk kesiapsiagaan agar mudah bergerak dalam mengantisipasi hal ini. Semoga hal ini tidak terjadi lagi, hanya saja kita harus tetap waspada dan siap siaga jika ada yang tidak kita ingin seperti saat ini terjadi lagi nantinya,” jelas Akhyar. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *