HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Gelar Kegiatan Penyusunan Profil Analisis Gender

Rapat penyusunan profil analisis gender Kota Medan. Foto (Humas Pemko)


Redaksimedan : Pemko Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat [P3APM] Kota Medan menggelar kegiatan Penyusunan Profil Analisis Gender Kota Medan Tahun 2020.

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Walikota Medan, Selasa (1/12/2020) dipimpin Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman diwakili Asisten Administrasi Umum Setdako Medan Renward Parapat.

Kegiatan itu digelar tujuannya guna meningkatkan ketersediaan profil gender di Kota Medan sebagai bentuk pengintegrasian gender dalam pembangunan.

Diharapkan, penyusunan profil analisis gender dapat lebih memudahkan setiap OPD mencapai kesetaraan dan keadilan gender [KKG] dalam kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan.

Renward Parapat menyampaikan, peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan data informasi gender di Kota Medan sangat dibutuhkan.

Untuk itulah, kata Renward, perlu dilakukan penyusunan profil analisis Pengarus Utamaan Gender [PUG] melalui kebijakan serta program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan mau pun laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari kebijakan program di berbagai bidang kehidupan serta pembangunan.

“Selain itu, ada pun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang PUG dalam pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG di daerah sebagai pedoman untuk melaksanakan pembangunan Kota Medan,” kata Renward.

Atas dasar itulah, lanjut Renward, kegiatan penyusunan analisis gender sangat penting dilakukan sebagai bentuk upaya untuk memberikan gambaran tentang kondisi permasalahan, kebutuhan serta aspirasi laki-laki dan perempuan di suatu wilayah.

"Penyusunan profil analisis gender ini sangat penting terutama bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan ketenagakerjaan, hukum dan sosial budaya, politik dan pengambilan keputusan serta berbagai aspek lainnya,” jelasnya.

Selain itu, sambung Renward, profil analisis gender menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya PUG dan dapat membantu para pengambil keputusan untuk mengindentifikasi perbedaan dan keadaan perempuan dan laki-laki termasuk anak dalam dimensi tempat dan waktu.

"Lalu, mengevaluasi dampak dan intervensi pembangunan terhadap perempuan dan laki-laki serta mengidentifikasi masalah, membangun opsi dan memilih opsi yang paling efektif untuk kemaslahatan perempuan dan laki-laki,” jelasnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *