HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Kepala BNPB Tanam Bibit Pohon di Pantai Cemara Sewu Cilacap

Kepala BNPB Doni Monardo melakukan penanaman bibit pohon. Foto (bnpb.go.id)

Redaksimedan : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB] Letjen TNI Doni Monardo melakukan penanaman bibit pohon di Pantai Cemara Sewu, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (28/4/2021).

Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan dalam rangka penguatan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami berbasis vegetasi di wilayah Pesisir Selatan Jawa Tengah,

Adapun bibit pohon yang ditanam meliputi jenis tanaman Pule, Palaka dan Butun serta jenis yang lain dengan jumlah total sebanyak 3.313 bibit.

Doni menjelaskan bahwa jenis tanaman-tanaman tersebut dinilai memiliki beberapa fungsi dan keistimewaan, meliputi sebagai barrier alami dari dampak abrasi dan ancaman potensi tsunami, memberikan oksigen yang bermanfaat sekaligus menjadi peneduh dalam jangka panjang.

Adapun kegiatan penanaman itu merupakan upaya pencegahan dan penguatan mitigasi bencana sebagaimana yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Rakornas PB BNPB pada bulan Maret 2021.

Melalui arahan tersebut, memberikan perlindungan bagi generasi yang akan datang merupakan kewajiban setiap warga negara.

“Kalau membangun sebuah vegetasi di sepanjang pantai, artinya kita sudah bisa memberikan perlindungan bagi generasi yang akan datang,” jelas Doni seperti diinformasikan dari laman resmi bnpb.go.id.

“Memilih mitigasi berbasis vegetasi adalah salah satu upaya kita dan ini adalah perintah presiden. Kita semua harus punya kewajiban untuk bisa melindungi wilayah pantai kita baik dari abrasi maupun juga ancaman tsunami,” imbuhnya. (RMC) 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *